Cara Menulis Cerpen Untuk Pemula

Berikut ini adalah cara menulis cerpen untuk pemula. Bagi anda yang sedang memulai menulis cerpen, ada baiknya anda melangkah dari gambaran besar cerita yang ada dibenak anda. Gambaran besar cerita itu meliputi hal-hal berikut ini:

  • Buat temanya. Misalnya tentang perjuangan keras setelah sakit yang menahun. Hampir mati karena cinta. Perjuangan mengembalikan kejayaan tim bola yang telah hampir bubar.
  • Apa yang protagonis inginkan? Seorang nelayan ingin tangkapan ikan yang banyak. Seorang pelajar ingin nilai ujian bagus. Seorang suami ingin membahagiakan istrinya.
  • Apa yang antagonis mau? Kalo seorang pendengki selalu ingin si nelayan tidak dapat ikan. Kalau anak nakal selalu ingin nyontek dan menjatuhkan si pintar. Kalau wanita selingkuhan selalu merayu suami orang lain untuk bercerai dengan istrinya.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Membuat Cerpen, Cara Menulis Cerpen | Tagged , | 13 Comments

Resep Mudah Menjadi Ahli Dalam Menulis Cerpen

Apakah anda ingin menjadi ahli dalam menulis?

Anda ingin menulis dengan lancar tanpa hambatan?

Anda ingin menulis menjadi kebiasaan hidup sehari-hari?

Anda ingin menulis seperti penulis hebat lainnya?

Bisakah mewujudkan semua itu? Bagaimana caranya?

Jawabannya, ya, anda bisa mewujudkan semua itu. Asal anda siap menjalankan resepnya. Dan resepnya itu ada pada kata: pengulangan. Ya, pengulangan.

Bila kita ingin menjadi terbiasa dan jago dalam satu hal, termasuk menulis cerpen, maka kita harus rajin mengulang-ulang aktivitas itu.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Membuat Cerpen | 4 Comments

Cara Membuat Cerpen: Mengumpulkan Ide Cerita

Tips Cara Membuat Cerpen kali ini seputar cara mengumpulkan Ide cerita. Sebenarnya ide cerita itu ada dimana-mana. Ide tersebut ada pada tubuh kita, di kepala, di badan, di tangan, di kaki. Ide ada pada segala sesuatu yang kita lihat, yang kita dengar, dan yang kita rasakan dapat menjadi ide cerita yang menarik.

Dengan mengetahui ini maka anda akan tahu cara menulis cerpen, apapun jenisnya, dengan mengalir. Misalnya anda ingin menulis cerita fiksi, anda bisa menggali ide hanya dari satu benda, batu, misalnya.

Ya, saya pernah membaca cerpen dengan hanya mengeksplorasi satu benda: batu.

Pernahkah anda membacanya? Kalau belum silakan tanya om google saja ya, saya juga lupa judulnya apa. Dulu juga ketemunya lewat searching gugel… maaf ngga bisa ngasih link tautannya.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Membuat Cerpen, Cara Menulis Cerpen | Tagged , | 8 Comments

Konsep LAPS Dalam Mencapai Titik Sukses Dalam Menulis

Kalau saya ingat-ingat masa lalu, awal mula menekuni dunia tulis-menulis, sulit sekali untuk menemukan cara terbaik untuk membuat sebuah karya tulis yang bagus, menarik dan enak dibaca.

Berbulan-bulan saya berada dalam tekanan mencari cara dan teknik menulis yang cocok untuk saya. Saya mengalami proses pergualatan yang cukup rumit dan pelik.

Belajar banyak ragam teknik. Baca buku ini-itu. Bertandang ke pustaka dan toko buku. Belanja banyak buku panduan menulis yang baik dan benar. Saya mengalami proses panjang, melalui banyak rintangan, belajar dari banyak hal.

Sampai akhirnya saya berhasil menemukan cara dan teknik menulis saya sendiri.

Saya akhirnya menemukan keselarasan antara apa yang saya pikir dan apa yang saya tulis. Saya sampai pada titik: menulis mengalir… Dan ketika masa itu datang, saya merasakan luapan senang tak terkira, haru tak terhingga. Sebuah usaha keras yang tak sia-sia.

Baca Selanjutnya

Posted in Cara Membuat Cerpen, Cara Menulis Cerpen | 6 Comments

Cara Membuat Dialog Dalam Cerpen

Menulis dialog dalam cerpen bukan hanya untuk menunjukkan bagaimana masing-masing tokoh cerita berbicara.  Melainkan ia harus kita gunakan untuk mendukung tema cerita kita. Kita tidak harus menulis semua percakapan seperti kita bercakap sehari-hari melainkan yang sesuai dengan kebutuhan cerita saja, yang perlu-perlu saja.

Coba lihat contoh dialog berikut ini:

“Hai Udin, apa kabar?” Sapa Budi.

“Hai juga Budi, saya baik-baik saja. Memang kenapa?” Tanya Udin.

“Hmm.. nggak, ada yang bilang kamu sakit. Oya, Ngomong-ngomong, tugas matematika udah selesai belum, Din?” Lanjut Budi.

Baca Selenkapnya

Posted in Cara Membuat Cerpen, Cara Menulis Cerpen | Tagged | 7 Comments

5 Faktor Yang Membuat Anda Belum Juga Menerbitkan Buku

Saya sering melihat banyak penulis pemula yang begitu bersemangat ketika mengawali dunia penulis. Tapi setelah beberapa bulan mencoba menuliskan karya, banyak hambatan yang menerpa.

Ketika mendapatkan hambatan itu, mereka cepat sekali down. Cita-cita menerbitkan buku mereka terkubur bersama sikap lemah mereka itu. Pertanyaannya, bisakah mereka bangkit dari keadaan ini?

Jawabannya: Bisa, asal mereka mau membuang jauh faktor kegagalan mereka.

Berikut ini adalah 5 faktor yang mungkin menjadi jawaban mengapa sekarang ini banyak penulis belum juga bisa menerbitkan bukunya.

1. Belum Fokus

Hampir semua butuh fokus. Sangat sedikit pekerjaan yang tidak membutuhkan fokus. Meskipun tidak ada jaminan fokus dalam menulis akan membuat buku kita terbit, namun bila kita tidak fokus, keadaan akan lebih sulit. Kita akan hilang konsentasi.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Membuat Cerpen, Cara Menulis Cerpen | Leave a comment

Cara Menulis Cerpen: Ide Cerita dari Berita

Banyak yang bertanya kepada saya tentang bagaimana cara menulis cerpen yang rutin, yang inspirasinya ngalir terus sehingga kita tidak pernah nganggur nulis. Jawaban saya, salah satunya, akan saya arahkan pikiran si penanya untuk melihat sebuah berita.

Berita merupakan sumber ide cerita yang kaya inspirasi. Sebab banyak sekali sumbernya. Seperti koran, majalah, radio, televisi, internet dan lain-lain. Juga banyak sekali peristiwa di dalamnya. Mulai dari berita ringan sampe berita berat… dari berita selebriti dan hobi sampai berita politik dan kriminal… semuanya adalah sumber inspirasi menulis cerpen.

Hampir semua berita adalah bahan cerita yang menarik. Sebagai  contoh, berita penemuan planet baru. Anda bisa teliti berita itu dengan memerhatikan siapa saja yang terlibat? Kapan, berapa lama, siapa donaturnya,bagaimana mereka menemukannya dan apa kendalanya.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Menulis Cerpen | Tagged , , | 2 Comments

3 Strategi Menyelesaikan Cerpen Dengan Cepat

Anda ingin cerpen anda cepat selesai? Bisakah menyelesaikan cerpen dalam tiga hari? Jawabannya: Bisa saja asal anda tahu caranya dan konsisten. Berikut ini adalah 3 Strategi Menulis Cerpen Dengan Cepat. Selamat membaca.

SATU

Siapkan buku catatan disaku. Buku catatan kecil adalah penampung ide. Tulislah ide untuk cerita anda kapanpun anda menemukan inspirasi. Inspirasi bisa datang kapan saja. Bisa waktu anda sedang berjalan di trotoar. Bisa ketika sedang termenung di kasur. Atau bahkan saat anda sedang buang air.

Tulislah ide menarik apa saja yang tiba-tiba meluncur dari benak anda, baik berupa gambar atau pemandangan unik karena setiap yang unik selalu mengundang inspirasi.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Menulis Cerpen | 1 Comment

Sudut Pandang Cerpen

Sudut pandang cerpen adalah sudut pandang seorang penulis cerita dalam menampilkan tokoh cerita. Sudut pandang yang dimaksud bukanlah sudut pandang penulis dalam mengembangkan cerita. Malainkan dari sisi mana seorang penulis ingin menampatkan tokoh cerita dari segi tiga jenis sudut pandang berikut:

Sudut pandang orang pertama, sudut pandang orang ketiga, sudut pandang orang kedua.

Sudut pandang orang pertama dan ketiga adalah lebih mudah untuk dijadikan pilihan bagi penulis cerpen pemula. Sedangkan sudut pandang orang kedua adalah yang paling sulit. Jadi, tentukan sudut pandang yang anda pilih sesuai dengan pengalaman menulis anda.

Sudut pandang orang pertama lebih mudah karena penulis dapat melibatkan dirinya ketika bercerita. Penulis yang menggunakan sudut pandang orang pertama ini biasanya memasukkan pengalaman hidupnya sendiri kedalam cerita. Contoh penyebutan tokoh pada cerpen yang bersudut pandang orang pertama adalah: Saya, aku, gua dll.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Membuat Cerpen, Cara Menulis Cerpen, Sudut Pandang | Tagged , , | 1 Comment

Mental Penulis Hebat: Start Action Now!

Saya sudah terlalu sering mendengar kata seperti ini: “Bu Mita, saya ingin memulai menulis cerpen.” Atau: “Bu Mita, saya mau mulai bikin novel perdana saya.”

Saya sering mendengar dan membaca semangat menggebu seperti ini pada saat memberikan training menulis. Namun selang beberapa minggu atau beberapa bulan kemudian, saya melihat tak ada ACTION yang mereka lakukan.

Atau mungkin mereka sudah mulai menuliskan apa yang mereka ingin. Tapi waktu mereka menemukan hambatan, kesulitan, tantangan dan masalah menulis lainnya mereka terlalu cepat menyerah. Padahal untuk menjadi penulis hebat kita harus siap sedia bergulat dengan semua masalah itu sampai masalah itu kita taklukkan segera.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Membuat Cerpen, Cara Menulis Cerpen | Tagged , | 1 Comment